POTENSI DESA LAJING



Setiap desa pasti memilki potensi begitu pula dengan desa lajing yang juga  memiliki potensi. Adapun potensi yang dimiliki Desa Lajing terdiri dari pertanian, perikanan dan parwisata. Potensi pertanian yang ada di Desa Lajing berupa melimpahnya kacang hijau yang dihasilkan tepatnya di Dusun Gambiran dan Janglor II. Kacang hijau disini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari hari sebagai sumber pangan berprotein nabati yang tinggi. Bagian yang paling bernilai ekonomi yaitu bijinya. Dalam pemanfaatan kacang hijau disini kelompok KKN 76 UTM memanfaat kan kacang hijau sebagai produk unggulan Lajing, yang mana kacang hijau disini di olah untuk di jadikan kue kering. Kacang hijau juga bisa di jadikan tepung yang biasa-nya di sebut tepung hunkue yang di gunakan dalam pembuatan kue.

Selain sebagai bahan dasar untuk makanan ternyata kacang hijau mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan yang meliputi:

1.      Menjaga kesehatan kulit (serat)

2.      Membantu mencegah penuaan dini (Vitamin A)

3.      Mencegah penyakit makula (Zat karatenoid)

4.      Mengontrol detak jantung dan darah (Mineral Essensial)

5.      Menurunkan kolesterol (Serat)

 Sedangkan potensi perikanan terlihat dari banyaknya jenis ikan yang mampu diperoleh oleh nelayan yang ada di Desa Lajing yaitu berupa kepiting, udang dan kerang. Kepiting dapat dijumpai di Dusun Pocogan II, Udang dapat diperoleh dari Dusun Banyuajuh dan Kerang dapat dijumpai di Dusun Lajing.

Selain pertanian dan perikanan potensi yang ada di Desa Lajing yaitu potensi pariwisata berupa pantai. Panorama pantai yang indah mampu memberikan daya tarik sendiri dan mampu menarik perhatian orang supaya berkunjung pantai itu. Pantai yang ada di Desa Lajing  terletak di Dusun Pocogan disebut juga dengan Pantai Api api karena disana terdapat banyak tumbuhan api api. Mulai dari anak-anak sampai orang tua pun sering jalan-jalan ke pantai itu. Apalagi ketika panen kerang, masyarakat sangat antusias untuk mengambil kerang di pantai itu.