DESA LAJING


Desa lajing adalah salah satu desa yang secara geografis berada pada kecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur yang berjarak 15 km dari pusat kota kabupaten Bangkalan. Dengan jumlah KK sebanyak 2.583 jiwa dengan penduduk laki-lakinya sebanyak 3.120 jiwa dan penduduk perempuan 3.326 jiwa.
Desa Lajing memiliki luas daerah 6,72 km2 terhadap luas kecamatan Arosbaya (42,46 km2) dan memiliki panjang garis pantai 2,91 km. Secara administratif desa Lajing terbagi dalam 9 (sembilan) Dusun yaitu Pocogan 1, Pocogan 2, Pocogan 3, Lajing, Janglor 1, Janglor 2, Banyu ajuh, Gambiran, dan Baruk. Selain itu dapat diketahui posisi desa Lajing ditinjau dari letak geografis, dimana secara eksistensial, berada di kecamatan Arosbaya dengan titik koordinat berada pada posisi 6°58 ‘5,5” (6,9682 °) LS dan 112° 48 ’36,7” (112,8102 °) BT dengan batas wilayah sebagai berikut:
·         Sebelah Barat  berbatasan dengan            : Laut Jawa
·         Sebelah Timur berbatasan dengan            : Desa Balung Kecamatan Arosbaya
·         Sebelah Selatan berbatasan dengan          : Desa Gebung Kecamatan Bangkalan
·         Sebelah Utara berbatasab dengan             : Desa Tangket Kecamatan Arosbaya
Desa lajing memiliki iklim kemarau dan penghujan, hal itu berpengaruh terhadap pola hidup tanaman yang ada pada desa Lajing, karena iklim suatau daerah sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman dan kelangsungan hidup binatang ternak yang terdapat pada suatau daerah tersebut. Kondisi geografis desa Lajing umunya berupa persawahan dan laut sehingg berpengaruh pada pencaharian penduduk sekitar yaitu sebagai petani dan juga nelayan.




Desa lajing memiliki kawasan hutan lindung dengan luas 150,6 ha  yang berfungsi sebagai pengaturan air, pencegahan erosi, dan banjir. Fungsi dari hutan lindung pada desa lajing yang sudah jelas sebagai penyangga kehidupan tersebut tidak dapat dialih fungsikan.